Cara
menyelesaikan SKU dilakukan melalui ujian SKU . Ujian SKU adalah
menilai kecakapan pramuka Penegak untuk memperoleh Tanda Kecakapan Umum (
TKU ), sehingga kecakapan yang dimilikinya benar-benar dapat
dipertanggungjawabkan dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan
sesuai dengan keadaan dan kemampuan Penegak.
Bagi pembina Penegak ujian SKU merupakan salah satu usaha untuk meyakini :
- Hasil proses pendidikan yang telah diselenggarakan.
- Usaha yang dilakukan oleh Peserta Didik.
- Kemampuan pembina dalam melaksanakan tugasnya.
Penguji
SKU adalah Pembina yang langsung membina Penegak. Pembina yang
bersangkutan dapat meminta orang lain di luar anggota Gerakan Pramuka
untuk menguji. Misalnya orang yang memiliki keahlian dalam bidang
tertentu, orang tua atau wali penegak, namun penyelesaian akhir menjadi
tanggungjawab pembinanya.
Berikut butir-butir Materi SKU Penegak Bantara :
JENIS PENGEMBANGAN
|
NO
|
BUTIR SKU
|
Spritual
|
1.a
|
Agama Islam
|
|
a. Dapat menjelaskan makna Rukun Iman dan Rukun Islam.
b. Mampu menjelaskan makna Sholat berjamaah dan dapat mendirikan Sholat sunah secara individu.
c. Mampu menjelaskan makna berpuasa serta macam-macam Puasa
d. Tahu tata cara merawat dan mengurus jenazah (Tazhizul Jenazah)
e. Dapat membaca doa Ijab Qobul Zakat
f. Dapat menghafal minimal sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut
| |
1.b
|
Agama Katolik
| |
|
a. Tahu dan paham makna dan arti Gereja Katolik.
b. Dapat memimpin doa dan membangun serta membuat gerakan cinta kasih pada keberagaman agama di luar gereja katolik
| |
1.c
|
Agama Kristen Protestan
| |
|
a. Mendalami Hukum Kasih dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
| |
1.d
|
Agama Hindu
| |
|
a. Dapat menjelaskan sejarah perkembangan agama Hindu di tujuan kelahiran menjadi manusia menurut agama Hindu
b. Dapat menjelaskan makna dan hekekat ajaran Tri Hita Karana dengan pelestarian alam lingkungan
c. Dapat mempraktekkan bentuk gerakan Asanas dari Hatta Yoga
d. Dapat melafalkan dan mengkidungkan salah satu bentuk Dharma Gita
e. Dapat mendeskripsikan struktur , fungsi dan sejarah pura dalam cakupan Sad Kahyangan
| |
1.e
|
Agama Budha
| |
|
a. Saddha: Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai salah satu agama
b. Saddha: Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai salah satu agama
c. Menjelaskan sejarah Buddha Gotama
d. Menjelaskan Tiratana sebagai pelindung
e. Menjelaskan kisah-kisah sejarah penulisan kitap suci Tripitaka
| |
Emosional
|
2
|
Berani menyampaikan kritik dan saran yang membangun dengan sopan dan santun kepada sesama teman
|
3
|
Dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik
| |
Sosial
|
4
|
Dapat hidup bersama antara umat beragama dan toleransi dalam bakti
|
5
|
Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 2 kali setiap bulan
| |
6
|
Setia membayar iuran kepada Gugusdepan, dengan uang yang seluruh atau sebagian diperolehnya dari usaha sendiri
| |
7
|
Dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari
| |
8
|
Telah membantu mengelola kegiatan di Ambalan
| |
9
|
Telah ikut aktif kerja bakti di masyarakat minimal 2 kali
| |
10
|
Dapat menampilkan kesenian daerah di depan umum minimal satu kali
| |
Intelektual
|
11
|
Mengenal, Mengerti dan Memahami isi AD & ART Gerakan Pramuka
|
12
|
Dapat menjelaskan sejarah Kepramukaan Indonesia dan Dunia
| |
13
|
Dapat menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan
| |
14
|
Dapat menjelaskan bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
| |
15
|
Dapat menjelaskkan tentang organisasi ASEAN dan PBB
| |
16
|
Dapat menjelaskan tentang kewirausahaan.
| |
17
|
Dapat mendaur ulang barang tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat
| |
18
|
Dapat menerapkan pengetahuannya tentang tali temali dan pionering dalam kehidupan sehari-hari
| |
Fisik
|
19
|
Selalu berolahraga, mampu melakukan olahraga renang gaya bebas dan menguasai 1 (satu) cabang olahraga tim
|
20
|
Dapat menjelaskan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan
| |
21
|
Dapat
memimpin baris berbaris sangganya, dapat menjelaskan tentang gerakan
baris berbaris kepada anggota sangganya yang terdiri atas gerakan di
tempat
| |
22
|
Dapat menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat
| |
23
|
Ikut serta dalam perkemahan selama 3 hari berturut - turut
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar